Minggu, 20 Agustus 2017

Corneille Jean François Heymans - Penemu Hubungan Antara Pernapasan, Jantung, dan Peredaran Darah Manusia

Corneille Jean François Heymans (1892-1968)
Corneille Jean François Heymans (1892-1968) ialah seorang dokter dan peneliti asal Belgia yang lahir di Gent pada 28 Maret 1892. Ia menemukan bagaimana pernapasan, jantung, dan peredaran darah manusia berinteraksi, dan bagaimana pengaruh sinus dan arteri mempengaruhi pernapasan pada kita. Pada 1922, ia menjadi dosen farmakodinamika di Universiteit Gent dan diundang untuk menjadi profesor keliling oleh banyak perguruan tinggi terkenal lainnya. Sebagai direktur Institut J.F. Heymans (didirikan oleh ayahnya), ia menyelesaikan penelitian mendasar atas pernapasan dan paru-paru manusia, peredaran darah, metabolisme, otak, dan pengaruh obat-obatan dan stimulan pada organisme manusia. Penemuannya membuatnya memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran 1938.
Profesor Heymans adalah doctor honoris causa di sejumlah universitas, dan menerima banyak penghargaan istimewa dan ilmiah. Hasil penelitiaannya (800 buah) diterbitkan di sejumlah jurnal kedokteran utama. Ia keliling dunia atas nama pemerintah Belgia, Organisasi Kesehatan Dunia dan International Union of Physiological Sciences, di mana ia adalah pimpinannya. Misi itu membawanya ke Iran dan India, Mesir, Kongo, Belgia, Amerika Latin, Tiongkok, Jepang, Irak, Tunisia, dan Kamerun. Pada 1963, ia menjadi profesor emeritus di UGent. 
Selain Hadiah Nobel, penghargaan ilmiahnya meliputi Hadiah Alvarenga dari Académie Royale de Médicine de Belgique, Hadiah Gluge dari Académie Royale des Sciences de Belgique, Hadiah Quinquennial (1931-1935) untuk Kedokteran dari Pemerintah Belgia, Hadiah untuk Kedokteran dari Universitas Belgia Foundation, Hadiah Bourceret dari Académie de Médecine de Paris (1930), Hadiah Monthyon dari Institut de France (1934), Hadiah Pius XI dari Akademisi Scientific Pontificia (1938), Hadiah Burgi dari Universitas Bern dan Hadiah de Cyon (1931) dari Universitas Bologna, dll.
Profesor Heymans menikahi Berthe May, MD pada tahun 1921. Ada empat anak dengan pernikahannya: Marie-Henriette, Pierre, Jean, dan Berthe; dan 18 cucu. Dia suka melukis dan sangat tertarik dengan literatur kuno yang berhubungan dengan sejarah kedokteran; Dia juga seorang pemburu dan pelukis. Corneille Heymans meninggal pada 18 Juli 1968 di Knokke.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Corneille_Heymans
https://www.nobelprize.org/nobel_prizes/medicine/laureates/1938/heymans-bio.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Admin

Astody Gusta Mandayu
Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Tanjungpura
astodygusta94@gmail.com
Copyright © Blog Interaktif Sistem Pernapasan | Powered by Blogger Distributed By wixarddesign & Design by astodygustamandayu | Blogger Theme by wixardthemes