Rabu, 23 Agustus 2017

Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan (Pertemuan II)

Sumber: https://rochepacientes.es
Bernapas adalah kebutuhan vital bagi manusia. Tanpa bernapas manusia tidak akan hidup. Namun, entah karena aktivitas, pola makan yang tidak sehat, atau karena pola hidup yang buruk, seringkali organ pernapasan manusia mengalami gangguan. Gangguan pada organ pernapasan membuat aktifitas respirasi terhambat. Di Indonesia sendiri, gangguan pernapasan menjadi penyebab keempat jumlah kematian. Agar terhindar dari berbagai gangguan/penyakit organ pernapasan, kita bisa menerapkan beberapa cara berikut:
Sumber: https://www.brilio.net
  1. Olahraga yang teratur untuk memperlancar peredaran darah. Dengan demikian kotoran baik yang ada pada sistem pernapasan maupun yang ada dalam tubuh dapat keluar dengan lancar.
  2. Hindari polusi udara dengan memakai masker terutama di perjalanan sehingga debu dan sebagainya tidak ikut masuk ke paru-paru.
  3. Jika lingkungan tempat tinggal kita, di lingkungan sekolah, atau lingkungan tempat kerja banyak kemungkinan ada polusi udara, maka pada hari-hari tertentu sebaiknya ke tempat yang sepi dari keramaian (ke pegunungan/tempat rekreasi) yang udaranya masih segar misalnya kita pergi ke pegunungan.
  4. Anak-anak balita diberi vaksin BCG agar tidak terserang penyakit TBC.
  5. Membersihkan rumah dari debu-debu yang menempel di ruangan kamar dan seluruh isi rumah agar tidak tersedot masuk ke dalam paru-paru.
  6. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kedua jenis asupan tersebut mengandung banyak antioksidan alami yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan organ.
    Sumber: https://www.futuready.com
  7. Diadakan penghijauan di rumah masing-masing untuk mengantisipasi debu dan kebutuhan mengenai gas oksigen.
  8. Jangan minum-minuman keras yang beralkohol. Alkohol menyebabkan kekeringan sistem pernapasan sehingga mudah ditempeli bakteri.
  9. Banyak mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin C, untuk mencegah infeksi dari penyakit (meningkatkan kekebalan tubuh).
  10. Sumber: http://lampung.bnn.go.id
    Rutinlah menarik napas dalam-dalam. Proses tersebut akan membantu paru-paru untuk bekerja lebih optimal sehingga tidak kekurangan oksigen. Semakin banyak pasokan oksigen ke paru-paru, maka paru-paru akan semakin sehat.
  11. Istirahat dengan cukup, salah satunya dengan tidur. Tidurlah selama 6 sampai 8 jam per hari. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat, selain itu, proses regenerasi sel juga terjadi saat tidur. Tidur berkualitas akan membuat tubuh kembali bugar pada saat bangun.
  12. Jangan merokok, karena dapat menyebabkan kanker paru-paru.
  13. Jauhi penderita penyakit pernapasan agar tidak tertular.
Sumber: https://rochepacientes.es
Demikianlah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan. Menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk memperoleh organ pernapasan yang sehat. Selain itu, dukunglah kesehatan organ pernapasan dengan melakukan pemeriksaan medis secara rutin untuk mendeteksi jika terjadi masalah pada organ pernapasan sejak dini.

    Materi Sebelumnya

    Home

    Materi Selanjutnya
    Share:

    1 komentar:

    Admin

    Astody Gusta Mandayu
    Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Tanjungpura
    astodygusta94@gmail.com
    Copyright © Blog Interaktif Sistem Pernapasan | Powered by Blogger Distributed By wixarddesign & Design by astodygustamandayu | Blogger Theme by wixardthemes