Senin, 28 Agustus 2017

Pengertian Pernapasan (Pertemuan I)

Sumber Gambar: http://www.compassbn.com
Sumber: http://www.compassbn.com
Tahukah kamu bagaimana jika orang berhenti bernapas? Berapa lama kamu dapat menahan tidak bernapas? Apa yang terjadi jika kamu menahan napas sampai batas kamu tidak dapat menahan napas lagi? Pernapasan pada manusia terjadi secara otomatis, yaitu menghirup udara ke dalam paru-paru, kemudian membiarkannya keluar lagi. Demikian terjadi berulang-ulang sejak pertama kali manusia menghirup udara saat lahir hingga menghembuskan napas terakhir ketika mati. Pernahkah kamu menghitung berapa kali kamu bernapas dalam satu menit? Dalam satu menit rata-rata siklus menghirup dan menghembuskan udara yaitu 16 kali ulangan.
Semua sel hidup dalam tubuh memerlukan oksigen untuk bernapas. Jumlah oksigen yang diperlukan tergantung pada aktivitas sel, sedangkan akitivitas sel tergantung pada aktivitas tubuh. Seorang yang tidur misalnya, lebih sedikit membutuhkan oksigen dibanding misalnya pada waktu bekerja. Seorang yang berkerja keras memerlukan oksigen lebih banyak, demikian pula jumlah karbon dioksida yang dihasilkan. Banyaknya karbondioksida dalam darah merangsang sel saraf mengirim sinyal ke otak, selanjutnya otak akan mengirim perintah kepada otot pernapasan untuk meningkatkan angka pernapasan.
Menghirup udara berarti memperoleh oksigen untuk respirasi seluler, sedangkan menghembuskan udara berarti mengeluarkan sampah pernapasan berupa karbondioksida dan uap air. Oksigen yang dihirup dipergunakan untuk pembakaran zat-zat makanan agar diperoleh energi. Secara sederhana pernapasan dapat dituliskan sebagai berikut:
Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa:
Pernapasan secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu pernapasan eksternal dan pernapasan internal. Pernapasan eksternal adalah proses pertukaran udara antara udara atmosfer dan darah, yaitu pengambilan oksigen dari udara ke dalam paru-paru dan pengeluaran karbondioksida dari paru-paru ke udara. Pernapasan internal adalah pertukaran udara antara darah dan sel-sel tubuh, yaitu proses penggunaan oksigen untuk pembakaran zat-zat makanan di dalam sel dan pengambilan sisa pembakaran berupa karbondioksida kembali ke paru-paru.
Untuk memahami lebih lanjut mengenai pengertian bernapas, saksikan video tentang bernapas berikut:

Tanpa bernapas, proses kehidupan tidak dapat berlangsung. Tidak semua pernapasan memerlukan oksigen. Beberapa organisme dapat memperoleh energi dari mengekstraksi substrat dengan cara fermentasi. Pernapasan yang tidak memerlukan oksigen disebut pernapasan anaerob. Sebagian besar makhluk hidup bernapas memerlukan oksigen. Pernapasan yang demikian disebut pernapasan aerob. Pernapasan dalam pengertian inilah yang akan dibahas dalam materi ini.

    Materi Sebelumnya

    Home

    Materi Selanjutnya
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Admin

    Astody Gusta Mandayu
    Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Tanjungpura
    astodygusta94@gmail.com
    Copyright © Blog Interaktif Sistem Pernapasan | Powered by Blogger Distributed By wixarddesign & Design by astodygustamandayu | Blogger Theme by wixardthemes